Tuesday, February 26, 2013

Ikan Mas Spesies Baru Hebohkan Ilmuwan di AS

Seekor ikan mas besar baru-baru ini ditemukan di sebuah danau Tahoe yang terletak di antara wilayah Nevada dan California, Amerika Serikat (AS), Jumat kemarin. 

Penemuan ikan besar dengan berat 4,2 pound (1,9 kilogram) dengan panjang sekira 1,5 meter ini, ditemukan oleh seorang ilmuwan lingkungan bernama Sudeep Chandra, dari Universty of Nevada. Menurut si penemu, ikan tersebut tergolong jenis/spesies baru, dan sempat membuat heboh.

Menurut Chandra, kemungkinan adanya spesies ikan mas besar ini dari akuarium yang dibuang oleh pemiliknya. Namun, tidak jelas spesies ikan mas yang ditemukan ini, apakah ikan yang sudah dewasa atau masih kecil.

“Tapi, yang jelas dengan adanya ikan mas spesies baru ini, bila dalam jumlah yang cukup banyak, dikhawatirkan dapat merusak ekosistem di danau tersebut,” ungkap Chandra seperti dikutip Okezone dari foxnews.

Bukan hanya itu, Chandra memprediksi bahwa di titik-titik danau tersebut masih ada sedikitnya 15 jenis ikan mas lainnya.

Untuk diketahui, ikan mas merupakan salah satu spesies dari beberapa jenis ikan dengan habitat air hangat di danau Tahoe.

Menurut Wikipedia, jenis-jenis ikan mas secara umum dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yakni ikan mas konsumsi dan ikan mas hias. Jenis ikan mas konsumsi adalah jenis-jenis ikan mas yang dikonsumsi atau dimakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi yang berasal dari hewan.

Sementara itu, jenis ikan mas hias umumnya digunakan untuk memenuhi kepuasan batin atau untuk hiasan (pajangan) dan dipelihara di kolam-kolam taman atau akuarium. Untuk kategori ikan mas “raksasa” yang ditemukan ini tergolong ikan mas hias
okezone.com

1 comment: